Sabtu, 18 Juni 2016

Pembalap Suzuki Girang Rasakan Sensasi Teknologi Winglet

Pembalap Suzuki Girang Rasakan Sensasi Teknologi Winglet
Aleix Espargaro menggunakan teknologi winglet di sesi kedua latihan bebas Grand Prix Spanyol di Sirkuit Jerez, Jumat (22/4/2016). Hasilnya, ia menempati posisi tiga.
 
JEREZ - Aleix Espargaro tampil impresif di sesi latihan bebas kedua Grand Prix Spanyol dengan bercokol di posisi ketiga. Pembalap Suzuki mengaku penampilannya di Sirkuit Jerez, Jumat (22/4/2016) tak lepas dari eksperimennya menjajal teknologi winglet.

Espargaro menggunakan sayap tambahan pada motor GSX-RR di sesi kedua latihan bebas GP Spanyol. Hasilnya, pembalap Spanyol yang sebelumnya menghuni posisi tujuh, bisa merangkak naik ke posisi tiga di akhir sesi hari pertama pengujian dengan torehan waktu 1 menit 40.093 detik.

Espargaro menilai, penggunaan winglet sangat berguna di tikungan. Selain itu akselerasi motornya juga berkurang usai menambahkan komponen anyar yang sedang banjir kritikan tersebut.

"Di tikungan Sito Pons misalnya, itu tikungan yang paling anda rasakan serta anti-wheelie motor juga berkurang. Anda bisa sedikit mengontrol akselerasi sehingga muncul tenaga tambahan yang dan jadi lebih mudah meningkatkan kecepatan. Trek ini sangat tidak memperkenankan sayap, tapi ketika datang ke Mugello atau Aragon akan jadi sesuatu yang sangat baik," ucap Espargaro dikutip Crash.

"Motor MotoGP sangat menuntut pembalap, dari segi fisik juga. Penggunaan sayap akan membantu anda meningkatkan motor di aspal dan jadi lebih mudah dikendarai," tambahnya.

Selain Espargaro, pembalap Aprilia Stefan Bradl juga menjajal teknologi yang lebih dulu digunakan Ducati, Yamaha, dan Honda, di sesi latihan kedua. Penggunaan winglet yang kian marak jelas membuat Dorna tambah pusing menentukan aturan teknologi tersebut mengingat pembalap besar seperti Valentino Rossi, Marc Marquez, dan Dani Pedrosa sudah terang-terangan meminta winglet di hapus dari MotoGP.

"Dorna harus membuat batasan sebab jika tidak, seseorang akan datang seperti di Formula 1 dan itu bisa berbahaya. Jika melihat winglet, itu sangat kecil dan saya pikir kami cuma perlu tahu di mana batas penggunaannya. Bagi saya, sayap Yamaha yang besar jelas bisa berbahaya, tapi saya tidak berpikir demikian dengan sayap motor kami (Suzuki)," pungkasnya.

0 komentar:

Posting Komentar

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com